Wisata

30 Tempat Wisata Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi Sebelum Ke Luar Negeri!

Pingin berlibur? Yuk kita sama-sama berlibur keliling tempat wisata di Indonesia!
Tempat Wisata Indonesia - Bali
Tempat Wisata Indonesia – Bali

Carijawaban.id | Kebanyakan dari orang Indonesia melihat luar negeri sosok tempat wisata indah yang wajib di kunjungi. Namun sebenarnya, Indonesia pun memiliki banyak tempat wisata indah yang dapat dikunjungi lho!

Yuk simak selengkapnya dibawah ini :

1. Jembatan Akar

Jembatan Akar
Jembatan Akar

Jembatan Akar yang terdapat di Sumatera Barat tepatnya di Desa Pulut-Pulut, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, merupakan tempat wisata fenomenal yang mirip dengan tempat wisata di India.

Jembatan berusia lebih dari 100 tahun ini terbuat dari akar dua pohon, yaitu pohon beringin dan pohon asam kumbang.

Dengan membayar sebesar 15 ribu rupiah per orang, kamu sudah bisa menyeberangi jembatan yang fenomenal ini.

Jembatan ini memiliki panjang 25 meter dan lebar sepanjang 1 meter, menghubungkan Desa Pulut-Pulut dan Desa Lubuk Silau.

Jangan lupa membawa kamera ya jika kamu datang ke tempat ini, dijamin puas foto-foto! hohoho 😀

2. Bukit Pelalangan

Bukit Pelalangan
Bukit Pelalangan

Di Madura, tepatnya di Desa Bherballuk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, terdapat tempat wisata yang indah lho, nama tempat wisatanya adalah Bukit Pelalangan.

Sebenarnya tempat wisata ini dulunya bekas pertambangan batu kapur. Sisa kegiatan penambangan ini meninggalkan relief yang cantik pada tebing.

Untuk kamu yang senang berpetualangan ke tempat-tempat indah, tempat ini cucok meong deh! Suasana bebatuan alami yang indah mirip di Arizona.

Yuk kunjungi Bukit Pelalangan di Madura! 🙂

3. Jember Fashion Carnaval

Jember Fashion Carnaval
Jember Fashion Carnaval

Jika di Brazil terdapat Karnaval Rio de Janeiro, di Indonesia terdapat Jember Fashion Carnaval. Event yang menjadi agenda rutin pariwisata Indonesia sejak tahun 2001.

Dalam acaranya, banyak orang menggunakan kostum unik khas Indonesia. Karnaval busana ini dilaksanakan sekali pada bulan Agustus setiap tahunnya.

Ayo persiapkan diri kamu untuk menghadiri Jember Fashion Carnaval yang terdapat di Jember.

4. Danau Kawah Kelimutu

Danau Kawah Kelimutu
Danau Kawah Kelimutu

Danau Kawah Kelimutu di Pulau Flores di Indonesia ini, mirip dengan wisata di Islandia lho! Danau cantik berwarna biru dikelilingi pegunungan. Persis sekali dengan danau Kawah Viti di Islandia.

Pemandangan dari atas gunung ke danau merupakan pemandangan yang sangat indah, cocok untuk kamu foto-foto. 🙂

Yuk cabs!

5. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul
Monumen Simpang Lima Gumul

Berikutnya adalah Monumen Simpang Lima Gumul yang terdapat di Kota Kediri, tepatnya di tengah-tengah kota Kediri. Luas bangunan 804 meter persegi, tinggi 25 meter, dan terdiri dari 6 lantai.

Monumen ini sangat mirip dengan Arc De Triomphe yang terdapat di Paris lho! Dihiasi oleh taman di sekitar monumen membuat Monumen Simpang Lima Gumul ini semakin indah.

Kamu bisa berjalan-jalan menikmati suasana kota Kediri dan berfoto-foto ria dengan orang terkasih kamu.

Tunggu apa lagi, ayoookk! 🙂

6. Patung Yesus

Patung Yesus
Patung Yesus

Bagi yang ingin melihat Patung Yesus besar, tidak perlu jauh-jauh ke Brazil. Karena di Indonesia sendiri sudah ada Patung Yesus yang terdapat di Puncak Buntu Burake, Toraja.

Dengan tinggi 40 meter, Patung Yesus di Toraja ini sudah mengalahkan Patung Yesus tertinggi di Brazil yang hanya 38 meter lho.

Bagaimana? Penasaran? Yuk datang Toraja langsung, dan jangan lupa membawa kamera ya! hohoho 🙂

7. Patung Buddha Tidur

Patung Buddha Tidur
Patung Buddha Tidur

Nah yang berikut ini merupakan Patung Buddha Tidur berlapis emas asal kota Mojokerto. Patung Buddha Tidur ini mirip dengan Patung Buddha Tidur yang terkenal di Thailand dengan sebutan Sleeping Buddha.

Jadi kamu tidak perlu ke Thailand jauh-jauh untuk melihat Patung Buddha Tidur ini ya! hehe..

Sebenarnya di Indonesia terdapat 4 patung serupa tersebar di berbagai wilayah. Namun yang terbesar dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter ini terdapat di Kota Mojokerto.

Keren kan? Yuk kunjungi kota Mojokerto! 😉

8. Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung
Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha ini memiliki air berwarna putih kehijauan akibat bercampur dengan belerang.

Kamu tidak perlu ke Selandia Baru untuk berwisata di Danau Rotorua yang indah, karena wisata Kawah Putih Bandung pun tidak kalah bagus lho!

Yuk langsung berkunjung ke Kawah Putih Bandung yang terletak tentunya di kota Bandung, Indonesia. 🙂

9. Brown Canyon

Brown Canyon
Brown Canyon

Jika di Amerika Serikat terdapat Grand Canyon yang megah, di Indonesia pun tidak kalah megahnya yaitu Brown Canyon!

Di Kota Semarang terdapat Brown Canyon, yang merupakan tempat wisata indah mirip dengan Grand Canyon.

Lokasi Brown Canyon merupakan lokasi penambangan pasir, tanah, dan batu padas. Bekas aktivitas penambangan menyisakan tebing-tebing megah dan instagrammable banget deh pokonya. :p

Yuk tunggu apa lagi, langsung aja kunjungi Brown Canyon!

10. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas

Sakura tentunya menjadi ciri khas negara Jepang. Namun kamu tidak perlu ke Jepang hanya untuk melihat Sakura! hehe.

Karena selain budgetnya cukup mahal jika hanya untuk melihat Sakura di Jepang, kamu sudah bisa koq melihat Sakura di Indonesia tercinta!

Kunjungi Kebun Raya Cibodas yang terletak di Cianjur saja, terdapat ratusan pohon sakura yang mekar sekitar bulan Januari – Maret.

Yuk kunjungi Cianjur langsung sekarang!

11. Telaga Warna

Telaga Warna
Telaga Warna

Danau Plitvice yang terdapat di Kroasia merupakan salah satu warisan dunia UNESCO, dan juga merupakan tempat wisata andalan di Kroasia. Pemandangannya begitu indah karena terdapat 16 danau yang tampak menyatu menjadi satu keindahan khas.

Namun kamu tidak perlu ke Kroasia untuk menikmati indahnya tempat wisata serupa Danau Plitvice, karena di Indonesia pun ada Telaga Warna Dieng.

Selain letaknya sama-sama di tengah pegunungan, Telaga Warna Dieng juga dapat berubah warna karena kandungan sulfur di dalamnya.

Telaga Warna merupakan telaga terluas di dataran tinggi Dieng, di antara telaga-telaga lainnya seperti Telaga Pengilon, Telaga Merdada, Telaga Cebong, Telaga Dringo, dan Telaga Menjer.

Telaga-telaga indah ini dikelilingi perbukitan indah sehingga bisa dimanfaatkan untuk menikmati keindahan telaga dari ketinggian. Salah satu bukit yang populer adalah Bukit Ratapan Angin.

Nah tunggu apa lagi, yukkk kunjungi Telaga Warna! 🙂

12. Danau Kaolin

Danau Kaolin
Danau Kaolin

Ingin merasakan pemandian air panas alami bertingkat? Yuk, kunjungi saja Danau Kaolin Belitung. Suasana pemandian yang indah dan nyaman ini mirip sekali dengan tempat wisata Pamukkale di Turki lho!

Jika di Turki tebing putih tersebut dari endapan mineral kalsium karbonat, Danau Kaolin terbentuk dari bekas penambangan Kaolin yang telah lama ditinggal.

Bekas kerukan ini kemudian terisi air dan tercampur dengan Kaolin, sehingga airnya berubah menjadi warna biru cantik.

Danau Kaolin saat ini sangat cocok untuk menjadi tempat wisata kamu berlibur, foto-foto disana tentunya akan sangat bagus! 🙂

Yuk kunjungi segera Danau Kaolin di Belitung! 🙂

13. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran ini sangat mirip dengan Padang Savana di Benua Afrika khususnya Cagar Alam Maasai Mara di Kenya.

Taman Nasional Baluran terletak di Jawa Timur. Taman Nasional yang dijuluki Africa Van atau Little Africa ini memiliki padang savana yang sangat luas.

Banyak binatang liar hidup bebas di dalamnya. Rusa, Banteng, ajag, kerbau, macan tutul, ular, monyet ekor panjang, kucing bakau, hingga burung merak ada di sini.

Taman Nasional Baluran sendiri berluas sekitar 25 hektar, dan menjadi miniatur hutan Indonesia karena hampir semua tipe hutan ada di sini. Mulai dari hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim, hutan pegunungan bawah, dan tentu saja savana.

Yuk kunjungi Taman Nasional Baluran di Jawa Timur. 🙂

14. Pulo Cinta

Pulo Cinta
Pulo Cinta

Pulau yang awalnya tak berpenghuni ini kini sudah dikembangkan menjadi kawasan resort yang begitu menarik. Kamu bisa menemukan hotel di atas laut, sama seperti yang ada di Bora-bora, Tahiti .

Keindahan laut dengan warna air laut yang jernih dan biru, kamu bisa menikmati Pulo Cinta di Gorontalo, Indonesia.

Menariknya lagi, Pulo Cinta ini pulaunya berbentuk hati lho. Cucok meong untuk yang ingin berlibur dengan pasangan! hehe 😉

Yuk kunjungi Pulo Cinta Gorontalo segera! 🙂

15. Gua Rangko

Gua Rangko
Gua Rangko

Jika kamu senang dengan wisata gua, terdapat Gua Rangko di Flores. Gua cantik yang memiliki gugusan stalaktit dan stalagmit yang terlihat apik berpadu dengan kolam berair jernih berwarna biru.

Keseruan Gua Rangko ini akan lengkap kalau kamu juga berenang di kolam yang terdapat dalam gua. Sama seperti tempat wisata Gua Crystal yang terdapat di Bermuda.

Meskipun akses menuju Gua Rangko ini masih belum terlalu baik, namun tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi lho!

16. Sungai Maron

Sungai Maron
Sungai Maron

Sungai Amazon di Amerika Selatan terkenal sebagai paru-paru dunia karena sangat penuh dengan hutan rimbun, dan jauh dari polusi. Alam yang indah membuat Sungai Amazon menjadi salah satu tempat wisata yang indah dan wajib dikunjungi.

Namun sebelum pergi ke Sungai Amazon, terdapat tempat wisata indah yang terdapat di Indonesia yang tidak kalah dengan Sungai Amazon. Apakah itu?

Tempat wisatanya adalah Sungai Maron di Pacitan, detilnya di Desa Maron, Kecamatan Donorojo, Kota Pacitan. Kamu dapat menyusuri sungai dengan perahu sambil menikmati alam yang indah disini.

Tunggu apa lagi, yuk kunjungi Sungai Maron segera, dan jangan lupa bawa kamera ya! hehe. 🙂

17. Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur
Masjid Agung An Nur

Bangunan Masjid Agung An Nur ini sangat mirip dengan Taj Mahal yang berada di India. Masjid Agung An Nur ini terdapat di kota Pekanbaru lho.

Ada sebuah kubah besar beserta empat kubah kecil di setiap sudutnya. Selain itu, di bagian depan masjid ini juga terdapat kolam, sama seperti yang ada di Taj Mahal. Masjid termegah di Riau ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Pekanbaru.

18. Pantai Semeti

Pantai Semeti
Pantai Semeti

Sejak tahun 1986, tempat wisata Giant’s Causeway di Irlandia Utara ini sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya UNESCO.

Indahnya pantai yang dilengkapi dengan susunan bebatuan unik dan instagrammable ini akan membuat kamu terpesona. Tapi, daripada jauh-jauh ke Irlandia, di Indonesia ternyata ada juga lho yang mirip dengan Giant’s Causeway ini.

Pantai dengan batu karang unik di Indonesia yang mirip dengan Giant’s Causeway adalah Pantai Semeti di Lombok. Pantai tersembunyi di balik perbukitan dan sawah.

Bebatuan disini sangat mirip dengan batu di planet Krypton yang ada di film Superman juga lho! Hebat, kan?

Ayo kunjungi indahnya Pantai Semeti di Pulau Lombok!

19. Janjang Koto Gadang

Janjang Koto Gadang
Janjang Koto Gadang

The Great Wall of China merupakan salah satu keajaiban dunia sekaligus warisan UNESCO. Tempat wisata cocok bagi para petualang. hehe!

Namun kamu tidak perlu buru-buru ke China untuk mengunjunginya, karena di Indonesia juga terdapat tempat wisata yang tidak kalah bagus dan mirip The Great Wall of China, yaitu Janjang Koto Gadang yang berada di kawasang Ngarai Sianok, Bukittinggi.

Panjang tembok Janjang Koto Gadang ini kurang lebih 15 km, terletak sekitar 90 km dari Kota Padang. Kamu juga bisa mampir ke Lobang Jepang Bukittinggi dan juga Ngarai Sianok dari Janjang Koto Gadang.

Mantab, kan? Sekali jalan bisa beberapa tempat sekaligus! Yuk mari yuk! 🙂

20. Green Canyon

Green Canyon
Green Canyon

Arizona memiliki tebing-tebing batu pasir yang indah di Havasu Canyon. Suasana alam pembatas alami danau dan air terjun cantik merupakan tempat wisata idaman pastinya.

Nah di Jawa Barat kita juga punya Green Canyon lho! Sama-sama suasana alam yang mengkombinasikan danau dan air terjun cantik.

Kamu juga dapat menelusuri gua menawan dengan stalaktit dan stalagmit yang indah. Kamu dapat melakukan body rafting di Green Canyon. Jadi, tentunya sudah lengkap keseruan yang akan kamu dapatkan disini!

Yuk berangkat ke Green Canyon!

21. Pantai Ora

Pantai Ora
Pantai Ora

Siapa yang tak tahu keindahan tempat wisata Maldives, kepulauan di Samudera Hindia yang terkenal dengan resort dan hotel di atas laut yang begitu cantik.

Tidak ketinggalan juga pantai yang bersih, berpasir putih, dan air laut jernih berwarna biru. Hingga banyak maskapai penerbangan yang bertujuan ke Maldives.

Nah, jika teman-teman ingin ke Maldives, tidak perlu langsung mengeluarkan budget besar untuk kesana. Karena di Indonesia pun sudah ada tempat wisata mirip seperti Maldives, yaitu Pantai Ora di Maluku.

Pantai ini memiliki Laguna dengan air tenang dan sebening kaca, ditambah hijaunya perbukitan yang mengelilingi pantai. Woooogh, Pasti kamu suka dengan Pantai Ora! 🙂

Yuk kunjungi Pantai Ora yang terletak di Maluku!

22. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu
Pantai Gigi Hiu

Jika teman-teman pernah menonton film Avatar, tentunya tidak asing dengan suasana alam indah yang memiliki perbukitan batu pasir kuarsa yang menjulang tinggi.

Ya, Taman Nasional Zhangjiajie adalah sebuah tempat wisata yang termasuk dalam geopark UNESCO, dan menjadi salah satu tempat wisata dunia yang populer.

Taukah kamu bahwa di Indonesia terdapat tempat wisata mirip dengan Taman Nasional Zhangjiajie ini? Tempat wisatanya ini bernama Pantai Gigi Hiu, masyarakat Lampung dan sekitarnya lebih mengenalnya dengan sebutan Pantai Pegadungan.

Pantai ini menawarkan panorama gugusan batu karang berbentuk lancip yang tertata rapi secara alami di dekat bibir pantai.

Meski tinggi batu karang di Pantai Gigi Hiu ini tidak setinggi bukit batu di Taman Nasional Zhangjiajie, namun pemandangannya tidak kalah cantik lho! hehe 🙂

Yuk kunjungi segera tempat wisata impian Pantai Gigi Hiu di Lampung!

23. Pantai Pink

Pantai Pink
Pantai Pink

Terdapat 7 pantai berwarna pink di dunia. Salah satunya adalah Pantai Pink di Lombok. Jika kita bandingkan dengan tempat wisata pantai pink lainnya di belahan dunia lain, tentunya Pantai Pink Lombok ini tidak kalah indah.

Pasir pantai berwarna pink ini merupakan olahan alam secara alami, hasil dari pengaruh terumbu karang yang berwarna kemerahan.

Ayo nikmati keindahan Pantai Pink ini, kunjungi segera! 🙂

24. Gua Jomblang

Gua Jomblang
Gua Jomblang

Indahnya suasana alam di dalam gua dan sinar masuk melalui celah dari atas gua, memberikan kesan seperti cahaya dari surga gitu. 🙂

Jika di Amerika terdapat Stephens Gap, gua vertikal yang memiliki kedalaman sekitar 43 meter. Indonesia pun memiliki Goa Jomblang dengan kedalaman sekitar 90 meter jika kamu menggunakan Gear atau peralatan.

Tepatnya Goa Jomblang ini berada di Yogyakarta. So, langsung saja cabs ke Yogyakarta yuk!

25. Raja Ampat Papua

Raja Ampat Papua
Raja Ampat

Ingin menjelajah pantai-pantai cantik berpasir putih dan dikelilingi banyak gugusan batu karang nan indah? Tidak perlu jauh-jauh ke Koh Phi Phi yang berada di Thailand, karena Indonesia pun punya Raja Ampat!

Terdapat 4 pulau besar di Raja Ampat yang paling populer, yaitu Waigeo, Salawati, Misool, dan Batanta. Mulai dari Island Shopping, Snorkeling, Diving, dan banyak hal lainnya, kamu dapat lakukan disini!

Yuk berkunjung ke Raja Ampat, dan Jangan lupa bawa kamera ya! 😉

26. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara
Pagoda Avalokitesvara

Wisata Indonesia khususnya di kota Semarang, terdapat Pagoda Avalokitesvara. Pagoda setinggi 46 meter ini memiliki arsitektur yang indah. Wisatawan bisa naik ke atas pagoda untuk melihat pemandangan maupun membunyikan lonceng untuk berdoa.

Pagoda Avalokitesvara ini merupakan tempat wisata yang mirip dengan Pagoda Cien di Taiwan. Tempat wisata Pagoda biasanya digunakan untuk beribadah, jadi kamu jangan sampai untuk mengganggu kegiatan yang sedang beribadah ya! hehe ;p

Yuk kunjungi segera Pagoda Avalokitesvara di Semarang!

27. Gua Gong

Gua Gong
Gua Gong

Di Vietnam, kamu akan menemukan beragam gua cantik dan salah satunya adalah Gua Duong Thien yang terletak di Taman Nasional Phong Nhake Bang. Selain memiliki stalaktit dan stalagmit, gua ini disinari cahaya berwarna-warni yang membuat gua ini menjadi daya tarik untuk tempat wisata.

Keren kan? Nah di Indonesia pun kamu bisa bermain ke tempat wisata serupa namun tak kalah indahnya, yaitu Gua Gong di Pacitan, Jawa Timur. Gua yang terkenal sebagai gua terbesar se-Asia Tenggara ini memiliki stalaktit dan stalagmit berumur ratusan tahun yang begitu indah.

Mengapa dinamakan Gua Gong? Ternyata masyarakat sekitar sering mendengar suara seperti gong yang berasal dari dalam gua tersebut, oleh karena itu nama gua ini adalah Gua Gong. hehe 🙂

Sebenarnya suara ini bukan suara mistis koq, suara ini berasal dari pantulan tetesan air yang jatuh dari stalaktit ke stalagmit dalam gua. Penerangan dalam gua sengaja diberi cahaya warna-warni agar melengkapi keindahan.

Penasaran kan? Yuk segera kunjungi Gua Gong di Pacitan, Jawa Timur! 🙂

28. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih
Hutan Bambu Keputih

Jika kamu senang suasana hutan, kamu dapat mengunjungi Hutan Bambu Keputih di Surabaya. Tempat wisata ini mirip sekali dengan Hutan Bambu Sagano di Jepang lho!

Apabila di Hutan Sagano kamu dapat menikmati jalan setapak sepanjang 100 meter menuju Kuil Tenryuji yang dihiasi pohon bambu di sebelah kanan dan kirinya.

Sedangkan di Hutan Bambu Keputih, kamu dapat menikmati Taman Sakura di seberang hutan yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai sambil menikmati keindahan bunga hias. 😉

Tunggu apa lagi, yuk berangkat ke Surabaya untuk mengunjungi Hutan Bambu Keputih!

29. Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang
Masjid Agung Semarang

Bagi kamu yang berencana berwisata sekaligus beribadah, kamu dapat mengunjungi Masjid Agung di Kota Semarang. Masjid ini begitu megah dengan 6 payung hidrolik raksasa yang membuatnya mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid Agung Semarang ini memiliki luas sekitar 10 hektar dan memiliki arsitektur menawan. Menara masjidnya setinggi kurang lebih 99 meter dan bisa dinaiki oleh wisatawan untuk melihat keindahan kota Semarang.

Ayo yang berencana beribadah di tanah suci, kunjungi terlebih dahulu Masjid Agung Semarang ya! Karena suasana nya mirip banget soalnya, kamu pasti terpesona! 🙂

30. Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Warna Warni Jodipan
Kampung Warna Warni Jodipan

Jika kamu pernah menonton film Train to Busan, tentunya kamu akan penasaran seperti apa kota Busan aslinya. Ternyata kota Busan memiliki tempat wisata Gamcheon Culture Village, sebuah perkampungan warna warni yang dijuluki Santorini of South Korea, karena mirip dengan Santorini di Yunani.

Nah tidak kalah dengan kota Busan di Korea Selatan, dan juga Santorini di Yunani, Indonesia pun memiliki tempat wisata kampung warna-warni yaitu Kampung Warna Warni Jodipan yang terletak di kota Malang.

Dinding-dinding rumah warga yang diberi cat warna warni, membuat tempat ini mencolok sehingga menjadi tempat yang cocok untuk wisata para petualang. Terdapat juga mural dan lukisan tiga dimensi yang akan menarik perhatian wisatawan.

Yuk kunjungi Kampung Warna Warni Jodipan segera! 🙂


Kesimpulan

Bagaimana? Setelah kamu tau bahwa di Indonesia banyak sekali tempat wisatanya, apakah kamu masih ingin ke luar negeri? hehe 🙂

Tentunya dengan budget yang lebih kecil, kamu sudah dapat mengunjungi tempat wisata indah di Indonesia yang tidak kalah dengan tempat wisata luar negeri lho.

Namun jika kamu penasaran dan tetap menjelajah, kami merekomendasikan kamu kunjungi semuanya! 😀

Tetap semangat, selamat berlibur! Salam hangat dari kami ya 🙂

Tinggalkan Balasan