Rencana Matang Untuk Masa Depan, Persiapan Tahun 2022 Dst!

UmumLeave a Comment on Rencana Matang Untuk Masa Depan, Persiapan Tahun 2022 Dst!

Rencana Matang Untuk Masa Depan, Persiapan Tahun 2022 Dst!

Cari Jawaban | Apakah kamu sudah mengetahui tujuan hidup kamu? Jika sudah bagus, namun jika belum mari kita simak rencana matang untuk masa depan persiapan tahun 2022 dst! Jawaban Online untuk kamu yang sedang cari jawaban!

*Isi artikel ini dapat di berlaku untuk tahun berikutnya, jika kamu membaca di tahun 2022 atau tahun-tahun mendatang (jika manusia masih menggunakan sistem tahun).

1. Mengetahui Panggilan Hidup

Panggilan Hidup - Rencana Matang Masa Depan

Apakah kamu sudah mengetahui panggilan hidup kamu apa? Jika belum, mari kita bersama-sama mulai mencari tahu bersama apa panggilan hidup kita masing-masing disini.

1.1 Dorongan Dalam Hati

Suara dari Hati - Rencana Matang Masa Depan

Untuk mengetahui panggilan hidup, kamu dapat merasakan sesuatu dalam diri kamu seolah-olah mendorong kamu untuk melakukan sesuatu.

Sesuatu itu memberi kamu semangat untuk mencapainya. Biasanya orang mengaitkannya dengan passion, mirip namun agak berbeda.

Jika kamu ingin lebih memahami mana yang menjadi panggilan hidupmu dan bukan sekedar passion, kita bisa klasifikasi dengan gambar Ikigai berikut.

Ikigai - Rencana Matang Masa Depan

Jika kita lihat pada ikigai diatas, untuk dapat membantu mengetahui panggilan hidup adalah sebagai berikut:

  1. Kita harus menyukai hal tersebut.
  2. Menguasai hal tersebut
  3. Dunia membutuhkan apa yang kita lakukan dengan hal tersebut.
  4. Kita mendapatkan hasil dari apa yang kita lakukan dari hal tersebut.

Setelah kita mengklarifikasi hal yang membuat kita terdorong sesuai dengan ikigai, kurang lebih itu merupakan arahan ke panggilan hidup kamu.

Jika menurut kamu itu sudah dapat kamu yakini sebagai panggilan hidup kamu, mari kita lanjutkan langkah berikutnya.

1.2 Sesuai Dengan Kondisi Dunia

Planet Bumi - Rencana Matang Masa Depan

Langkah ini merupakan validasi dari apa yang kita yakini sebagai panggilan hidup kita.

Disinilah keyakinanmu akan teruji, apakah yang kamu yakini sebagai panggilan hidup kamu itu memang benar atau tidak.

Jika kita lihat keadaan dunia, apa seh yang sebenarnya sesuai dengan apa yang bisa kita lakukan.

Mari kita lihat beberapa pertimbangan berikut:

  1. Manusia memiliki target tahun 2050 akan memiliki koloni di Mars.
  2. Teknologi Artificial Intelligence akan membantu manusia di masa depan.
  3. Permainan adalah sebuah simulasi sempurna kehidupan kita.

1.2.1 Manusia ke Mars

Jika kita melihat perkembangan peradaban manusia, bertambahnya jumlah penduduk, menipisnya bahan alam di bumi, kemudian rasa penasaran manusia terhadap kehidupan lain di luar Bumi.

Hal ini membuat manusia mau tidak mau harus mengembangkan diri mereka untuk mencapai kebutuhannya, yaitu mengeksplorasi tempat lain selain Bumi.

Dalam konteks kali ini adalah Mars, yang dianggap planet yang paling memungkinkan untuk menjadi tempat hidup manusia yang kedua.

Sudahkah kita berpikir bahwa manusia sebentar lagi akan memiliki koloni baru, dan apakah kita sudah memiliki tujuan hidup atau mengetahui panggilan hidup kita?

Dari sini saja kita sudah dapat memikirkan persiapan manusia untuk pergi ke Mars, tentunya banyak yang harus dilakukan.

Dan kamu yang masih memikirkan apa tujuan hidupmu atau ingin mengetahui panggilan hidup kamu, jika kamu merasa terdorong melakukan sesuatu untuk berkontribusi terhadap perihal manusia ke Mars ini, bisa jadi itulah panggilan hidup kamu yang dapat menjadi tujuan hidupmu.

1.2.2 Mengembangkan Artificial Intelligence

Dunia saat ini sudah mengarah ke serba digital, dan Artificial Intelligence merupakan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Khususnya ketika pandemi covid 19 yang belum juga berakhir, tentunya interaksi dengan orang lain akan lebih aman menggunakan Artificial Intelligence dalam bentuk robot manusia atau mesin.

Dengan serba otomatis, tentunya kamu juga akan mengalami kemudahan dalam segala sesuatu.

Meski begitu, resiko keamanan data pun akan semakin rentan karena semua serba digital, dan orang jahat yang ingin mengakses data sensitif pun semakin banyak.

Oleh karena itu jika kamu merasa terdorong untuk pengembangan Artificial Intelligence yang dapat membawa peradaban manusia ke arah yang lebih baik dan lebih maju, bisa jadi inilah panggilan hidup kamu yang menjadi tujuan hidupmu.

1.2.3 Mengembangkan atau Bermain Permainan Online

Dengan bermain atau mengembangkan permainan online, kamu dapat memahami cara kerja dari dunia lain, yaitu dunia game itu sendiri.

Dimana hal yang kita dapat di dalam permainan akan memberi efek pada pola pikir dan pandangan kita terhadap dunia ini.

Jika kamu merasa terdorong untuk bermain game khususnya esport atau membuat game sendiri, bisa jadi itu adalah panggilan hidup kamu yang akan menjadi tujuan hidupmu.

Bermain game atau gaming juga dapat mempengaruhi cara kamu hidup di dunia, karena kamu nantinya akan terbiasa dengan gaya hidup di dunia dalam game.

Mulai dari cara berbicara, tren topik, gaya bergaul, dan sebagainya.

2. Menyusun Strategi

Setelah kita mengetahui apa yang menjadi panggilan hidup kita, dan kita sudah menentukan itu sebagai tujuan hidup, maka kita perlu menyusun strategi yang jelas.

Mari kita simak apa saja poin-poin yang harus kita lakukan dalam proses menyusun strategi rencana matang masa depan.

  1. Melihat umur manusia saat ini.
  2. Memperhitungkan waktu yang diperlukan untuk proses belajar kebutuhan yang harus di pelajari.
  3. Membuat target jangka pendek, jangka sedang, dan jangka panjang.
  4. Mempersiapkan rencana cadangan apabila meleset dari target.
  5. Menjalani strategi yang sudah dibuat.
  6. Menyesuaikan kondisi dunia dengan strategi yang sudah diimplementasikan pada rencana.

2.1 Melihat Umur Manusia

Hal penting yang harus kita perhatikan dalam membuat strategi untuk persiapan rencana matang masa depan kita adalah umur manusia.

Jika kita perhatikan bahwa rata-rata umur manusia adalah sekitar 60 tahun, ada yang kurang ada yang lebih itu tergantung alam semesta yang menentukan.

Namun jika kita ambil bahwa umur manusia sekitar 60an, berarti kita sudah memiliki gambaran sisa tahun yang kita miliki untuk melakukan sesuatu dengan panggilan hidup kita.

2.2 Memperhitungkan Waktu Proses Belajar

Jika kita telah mengetahui waktu kita hidup berdasarkan umur manusia saat ini, kita tinggal memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk belajar menguasai apa yang menjadi kebutuhan untuk kita menjalani panggilan hidup, dan mencapai tujuan hidup kita.

Kamu dapat mulai membuat sebuah project timeline atau garis waktu yang berisi tahapan pembelajaran yang kamu sedang lakukan.

Contoh project timeline - Rencana Matang Masa Depan

Project Timeline ini akan menjadi patokan kamu dalam menjalani kegiatan kamu sehari-hari, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Darisini kamu dapat mempertimbangkan apakah sisa umurmu mencukupi untuk belajar hingga memenuhi kebutuhan panggilan hidup kamu.

Jika proses belajar masih cukup lama dalam perhitunganmu, kamu dapat mempersimpelnya dengan mengganti materi pembelajaran itu menjadi hanya garis besar, sisanya kamu dapat menggunakan jasa orang lain untuk membantumu dalam mengerjakan bagian tersebut lebih dalam (bentuk sebuah tim).

Yang pasti kamu perlu mengetahui secara garis besar pengetahuan di bidang kebutuhan tersebut, jadi meski kamu tidak mendalami terlalu dalam, kamu tetap mengerti menjelaskan dan menyimak hal tersebut dengan anggota tim kamu nantinya.

2.3 Membuat Target Jangka Pendek, Sedang, dan Panjang

Membuat Target untuk Rencana Matang Masa Depan

Kamu harus memiliki target jangka pendek, sedang, dan panjang, untuk setiap poin dalam Project Timeline yang kamu sudah buat sebelumnya.

Hal ini agar kamu dapat melakukan evaluasi apakah target tersebut tercapai atau tidak, jika ya lanjut, jika tidak maka kamu harus mengubah lagi strategi.

2.3.1 Mulai Dari Jangka Panjang

Memulai dari jangka panjang terlebih dahulu itu sangat tepat untuk melihat gambaran besar dari apa yang mau kamu capai dalam persiapan rencana matang masa depan.

Kemudian mulai jangka sedang, baru kemudian jangka pendek.

Karena jika kita mulai dari jangka pendek, kita mungkin akan memiliki jangka panjang yang tidak relevan.

Ibarat kamu berlari 100 meter namun tidak tahu ke arah mana kamu berlari, sedangkan perjalanan kamu membutuhkan kamu berlari 1 km ke arah utara.-

Kamu akan tersesat jika kamu mulai membuat perencanaan dari jangka pendek terlebih dahulu, karena ibaratnya kamu tidak tahu tujuan dari perjalananmu ketika kamu melangkah ke arah yang tidak jelas.

Namun untuk beberapa kasus seperti kamu yang belum mengetahui apa panggilan hidup dan tujuan hidupmu, rencana jangka pendek akan membantu untuk terus membuat kamu produktif daripada tidak melakukan apa-apa.

2.4 Menyiapkan Rencana Cadangan

Rencana Cadangan - Rencana Matang Masa Depan

Kamu sudah mengetahui panggilan hidup kamu, kamu sudah mengerti tujuan hidupmu, kamu juga sudah menyiapkan rencana jangka panjang, sedang, dan pendekmu.

Kamu sudah siap melangkah, dan membuat dunia ini lebih baik.

Namun sebelum melangkah, saatnya sekarang kamu membuat rencana cadangan apabila rencana yang sudah kamu buat berubah atau tidak sesuai dengan output yang diharapkan.

Hal ini akan membantu kamu untuk mengantisipasi langkah selanjutnya, apabila kamu menemui jalan buntu ketika kamu menjalankan rencana awal kamu.

2.5 Menjalani Strategi Yang Sudah Dibuat

menjalankan rencana yang telah dibuat dalam Rencana Matang Masa Depan

Jika kamu sudah siap, mulai jalani strategi yang telah kamu buat.

Perhatikan setiap progres yang telah kamu jalani secara bertahap, apakah terjadi kemajuan atau tidak.

Niscaya apa yang kamu lakukan, jika memang alam semesta menghendaki itu jadi, maka jadilah.

2.6 Melihat Kondisi Dunia

kondisi dunia - Rencana Matang Masa Depan

Bagaimana reaksi dunia dengan apa yang kamu lakukan? Apakah mendukung atau malah menghambat.

Apakah kamu harus melanjutkan atau mengubah strategi?

Kamu dapat dengan mudah mengetahui ini dengan melakukan evaluasi terhadap respon orang lain terhadap apa yang sedang kamu lakukan.

Terkadang respon yang negatif belum tentu sebuah tanda kamu harus berhenti.

Bisa saja justru respon tersebut menandakan bahwa apa yang kamu sedang lakukan malah menjadi sebuah solusi atau hal yang memang dibutuhkan dunia, hanya saja dunia belum menyadari atau butuh edukasi.

Contohnya :

Jika kamu membawa mobil dari masa depan ke masa lalu dimana orang berkendara menggunakan kuda.

Tentunya kamu akan dikira aneh, bukan?

Namun berbeda jika kamu mengedukasi mereka, bahwa mobil adalah kendaraan manusia di masa depan.

Hal ini akan berdampak pada perubahan cara pandang dan peradaban manusia pada masa lalu tersebut.

3. Mulai Melangkah

Mulai Melangkah - Rencana Matang Masa Depan

Setelah kamu siap untuk mengambil langkah pertama kamu untuk menjalani panggilan hidup, kami merekomendasikan tools yang dapat kamu gunakan untuk mempermudah kamu dalam proses menjalani panggilan hidup kamu.

Kami juga menyediakan projects untuk kamu bergabung dan berkembang selama kamu menjalani panggilan hidup kamu.

Mungkin tidak semua tools dan projects kamu perlu gunakan, gunakan saja yang memang kamu butuhkan ya.

3.1 Tools (Alat Bantu)

Tools ini sangat bermanfaat untuk kamu gunakan sesuai kebutuhan, yakni sebagai berikut.

3.1.1 Search Engine

Search engine sangat bermanfaat untuk kamu dapat mencari informasi di internet.

Saat ini search engine terbaik dan terlengkap adalah Google.

Google Search engine

Namun kamu juga dapat mencari informasi di media informasi berbentuk blog seperti Cari Jawaban.

3.1.2 Project Management Software

Project Management Software -  rencana matang masa depan

Kami merekomendasikan menggunakan Trello untuk mengelola to do list secara tim dan personal, jika itu memang belum terlalu kompleks.

Board view

Jika kamu membutuhkan yang dapat memenuhi kebutuhan kompleks, kamu bisa coba Bitrix24 atau Jira untuk mengelola proyek yang sedang kamu jalankan.

Aplikasi seperti ini tentunya akan mempermudah kamu dalam mengelola apa saja yang kamu butuhkan.

3.1.3 Komunikasi

Komunikasi sangat penting bagi kamu menjalankan proyek bersama tim atau hal lainnya.

Rekomendasi kami adalah sebagai berikut:

  • Whatsapp, Discord, atau Skype, untuk chat.
  • Zoom untuk video conference.

3.2 Projects (Proyek Implementasi)

kota di mars

Untuk dapat melihat Projects dari kami, kamu dapat melihat di bagian menu website Projects.

Jika terdapat proyek yang kamu minati, kamu dapat bergabung bersama kami dengan mengisi formulir yang tersedia disana, dan mari kita buat dunia lebih baik dari proyek tersebut.

Nmaun jika belum ada proyek yang sesuai dengan panggilanmu, silahkan cek situs lowongan pekerjaan seperti Jobstreet.

Apabila kamu ingin membuat perusahaan sendiri, kamu merekomendasikan untuk membuat website kamu di WordPress atau hostingan lainnya.

Kesimpulan

Mulai ketahui panggilan hidupmu, karena dengan begitu kamu memiliki tujuan hidup untuk dicapai.

Meski sebenarnya kita sendiri ada di dunia sudah ditujukan untuk membuat dunia ini lebih baik oleh alam semesta, oleh karena itu kita harus siap membuat rencana matang untuk masa depan kita semua.

Ayo mulailah buat strategi untuk mencapai tujuan hidup kamu melalui proyek baik itu proyek dari orang lain, atau kamu yang buat sendiri.

Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi kami dengan mengisi formulir di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Back To Top