Kesehatan Umum

Menjaga Kesehatan Saat Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 belum juga berakhir, mari kita ketahui cara menjaga kesehatan kita bersama!
Pandemi Covid-19
Pandemi Covid-19

Carijawaban.id | Dengan adanya pandemi covid-19 yang terjadi sejak 2019 lalu, kita harus benar-benar memperhatikan kesehatan diri untuk menjaga produktivitas agar tetap tinggi.

Pengenalan Covid-19

Covid-19 atau disebut juga Virus Corona yang ditemukan pada tahun 2019, bermula di kota Wuhan negara Cina lalu menyebar ke negara-negara lain.

Setelah penyebaran yang cepat dalam waktu singkat ke lebih dari separuh negara di dunia termasuk Indonesia, WHO (World Health Organization) akhirnya menetapkan Covid-19 menjadi pandemi.

Nah, berikut kami bagikan beberapa tips dari kami untuk kamu yang lagi asik melakukan kegiatan di rumah sebagai berikut:

Diri Sendiri

Hal yang dapat kita lakukan dengan diri sendiri.

1. Cuci Tangan

Jangan lupa untuk sering-sering mencuci tangan setelah melakukan kegiatan apapun, apalagi jika kamu sudah bersentuhan dengan barang atau orang lain di luar rumah.

Pastikan tangan selalu bersih dengan mencuci tangan dengan sabun, atau kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer.

2. Jangan Sentuh Wajah

Setelah kamu melakukan kegiatan apapun, biasakanlah untuk tidak menyentuh wajah sebelum kamu mencuci tanganmu sendiri, karena penularan covid-19 dapat terjadi melalui mulut, hidung, dan mata.

Memang seperti hal sepele, namun dengan kebiasaan kita di old normal yang sering menyentuh wajah, itu dapat membuat kita lupa bahwa di new normal sekarang itu dapat berakibat fatal.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Dengan mengkonsumsi makanan bergizi, khususnya vitamin C yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kita dapat mencegah paparan virus corona covid-19 ini.

Hal ini penting karena jika kita lupa mencuci tangan dan menyentuh muka, kita masih memiliki pertahanan dengan daya tahan tubuh yang kuat.

4. Jaga Kebersihan Lingkungan

Jika kamu ingin secara simpel merasa aman ketika melakukan kegiatan sehari-hari, cukup bersihkan lingkungan tempat kamu beraktivitas, guna meminimalisir paparan covid-19 ini.

Kamu bisa mulai menggunakan disinfektan seperti air sabun atau cairan yang mengandung alkohol, untuk mendisinfeksi benda-benda yang sering kamu sentuh.

Benda tersebut seperti gagang pintu, keyboard, mouse, alat dapur, saklar lampu, gagang laci, pegangan tangga, dan yang lainnya.

Ketika Berada Di Tempat Umum

Hal yang dapat kita lakukan ketika kita berada di tempat umum.

Menghindari Kontak Fisik

Dengan tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain atau benda apapun, akan sangat membantu kita untuk meminimalisir terpapar oleh Covid-19.

Hal ini bisa disebut juga Social Distancing (jika berhubungan dengan orang lain) atau Distancing saja (jika berhubungan dengan lingkungan).

Hal ini memang terdengar simpel, namun ini merupakan hal yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kamu terhadap Covid-19.

Update Resmi Covid-19

Untuk mendapatkan informasi ter-update seputar Covid-19, teman-teman bisa lihat di website resmi global dan lokal.

Informasi tersebut langsung dari pihak yang bertanggung jawab untuk menangani Covid-19 baik secara global dan lokal di Indonesia.

Terima kasih atas perhatiannya, jangan lupa untuk follow website CariJawaban.id untuk mendapatkan informasi jawaban dari apa yang kamu cari! 🙂

Salam hangat dari kami!

Tinggalkan Balasan