Tutorial

Tips dan Tutorial Mudah SEO Untuk Pemula

Ingin belajar SEO namun masih bingung mulai darimana? Yuk simak langsung bersama kami.
SEO

CariJawaban.id | Ingin belajar SEO namun masih bingung mulai darimana? Yuk simak langsung bersama kami tentang Tips dan Tutorial Mudah SEO Untuk Pemula.

Jika teman-teman mendengar SEO, apa yang terpikirkan? Tentunya Search Engine, bukan? Ya benar, Search Engine seperti Google, Bing, Jawaban Online, dan yang lainnya.

Lalu bagaimana peran SEO pada Search Engine? Nah mari kita simak bersama.

SEO adalah Search Engine Optimization. Dimana SEO ini juga dapat kita sebut sebuah metode yang kita gunakan untuk mengoptimalkan hasil pencarian dari Search Engine melalui kata kunci yang dimasukkan, agar menampilkan website yang kita miliki.

Tentunya untuk setiap Search Engine, metode penilaiannya berbeda-beda, sehingga urutan website yang ditampilkan pada hasil pencarian kata kunci pun akan berbeda pula.

Nah lalu bagaimana kita mengoptimalkan website kita di semua Search Engine? Tenang, tenang, terdapat metode umum dasar yang dapat diimplementasikan di setiap website kita, untuk kita dapat mengoptimalkan SEO.

Buat Konten Berkualitas

Konten Berkualitas

Cara termudah untuk kita mengoptimalkan SEO tanpa harus susah payah adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Itu saja sudah cukup sebenarnya. hehe.

Kalau begitu, kriteria seperti apa konten berkualitas itu? Nah mari kita simak bersama.

Kriteria konten berkualitas itu adalah :

  1. Memiliki Judul yang jelas, tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek.
  2. Memberi gambar cover sebelum menulis paragraf pertama. Jangan lupa memberi nama untuk gambar nya, lalu mengisi Alt juga. Alt ini berfungsi ketika gambar tidak bisa di buka, munculah tulisan Alt sebagai gantinya.
  3. Memiliki paragraf awal yang menjelaskan dengan singkat apa yang kamu bahas, biasanya kamu isi dengan sapaan juga. Biasanya di bagian ini kamu menyisipkan link ke website mu sendiri seperti CariJawaban.id.
  4. Memiliki Sub Judul yang sesuai dengan isi konten, untuk menjelaskan apa yang kamu bahas secara lebih detail.
  5. Memiliki paragraf penutup. Biasanya disini kamu dapat sisipkan tulisan “Baca juga: Link lain di website kamu”.

Lalu jika kamu ingin website mu cepat terbaca Search Engine, kamu harus mendaftarkan website kamu untuk dijelajahi oleh Search Engine tersebut di masing-masing fitur khusus untuk pendaftaran website di Search Engine.

Contohnya :

  1. Untuk Google, kamu dapat mendaftarkan website mu di Google Search Console.
  2. Untuk Bing, kamu dapat mendaftarkan website mu di Bing Search Console.
  3. Untuk Jawaban Online, kamu dapat mendaftarkan website mu di Scope Add Link.

Sebenarnya kamu dapat menunggu hingga websitemu terjelajahi dengan menyimpan link website kamu di website lain, namun prosesnya biasanya akan lebih lama, mulai dari hitungan detik hingga bertahun-tahun. hehe


Demikian Tips dan Tutorial Mudah SEO untuk Pemula dari kami. Ini merupakan metode termudah yang bisa kamu praktekkan, tanpa harus memikirkan banyak teknik SEO yang dapat membuatmu pusing tidak karuan.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan komentar, atau tanyakan pertanyaan di sini.

Terima kasih atas perhatiannya, salam hangat selalu dari kami ya!

Tinggalkan Balasan