Tips Cara Membuat Boba Yang Enak Di Rumah

boba
Kuliner Tutorial UmumLeave a Comment on Tips Cara Membuat Boba Yang Enak Di Rumah

Tips Cara Membuat Boba Yang Enak Di Rumah

Boba
Boba

Halo sahabat Carijawaban.id! Di artikel kali ini saya akan membahas tentang Tips Cara Membuat Boba Yang Enak Di Rumah masing-masing. Siapa sih yang tidak tahu boba? Ya.. Boba atau Bubble yang biasa menjadi topping dari berbagai jenis minuman seperti Milk Tea dan Thai Tea ini adalah favorit sejumlah masyarakat di Indonesia.

Sudah banyak sekali merchant-merchant di Indonesia mulai dari Franchise ataupun Brand buatan sendiri yang menjual berbagai jenis Boba drink / Bubble drink yang tentunya sudah terkenal seperti Chatime, Diagon Alley, Onezo, Tiger Sugar, Xin Fu Tang, Xi BoBa, dan masih banyak lagi yang sukses loh dalam menjual minuman boba ini. ūüėÄ

Penasaran dengan bagaimana cara membuat boba yang enak di rumah sendiri? Yuk simak caranya di bawah ini.

Bahan membuat boba:

Tepung tapioka 280 gram
Brown sugar atau gula jawa 90 gram
Air 164 gram

Bahan membuat sweet brown syrup:

Brown sugar atau gula jawa 200 gram
Air 400 gram

Langkah – Langkah Pembuatan:

  1. Panaskan air dan gula merah, pastikan gula mencair seluruhnya.
  2. Setelah mendidih, kecilkan api, tuang tepung tapioka sedikit demi sedikit. Aduk rata, pindahkan adonan ke atas permukaan datar atau  kneading board.
  3. Uleni hingga tekstur menjadi lembut dan sedikit lengket. Setelah itu, potong adonan menjadi 9 bagian.
  4. Bentuk silinder memanjang masing-masing bagian adonan dengan diameter sesuai keinginan. Potong kecil-kecil dengan ukuran sama besar.
  5. Selanjutnya, bentuk bulatan-bulatan kecil menyerupai mutiara, sisihkan dalam mangkuk yang sudah berisi tepung tapioka. Lakukan hingga seluruh adonan habis.
  6. Didihkan seliter air dalam panci, kemudian masukkan bola-bola tapioka ke dalamnya sambil terus diaduk.
  7. Kecilkan api menjadi sedang, lalu masak selama kurang lebih 30 menit hingga semua pearl matang.
  8. Jika dirasa sudah matang, matikan api dan diamkan sekitar 15 menit. Terakhir, saring dan bersihkan dalam air mengalir.

Beberapa Tips Untuk Kamu:

  1. Untuk mencegah tekstur menggumpal, kamu bisa mengganti urutannya. Siapkan tepung tapioka di dalam wadah, tuangkan air yang masih mendidih. Setelah diaduk hingga tercampur seluruhnya, diamkan adonan agar sedikit dingin, baru diuleni sampai kalis.
  2. Saat proses membentuk adonan jadi silinder hingga ke bentuk mutiara mungkin akan butuh waktu lama. Kamu bisa oleskan sedikit air ke permukaan adonan yang mulai mengering. Bisa juga meletakkan sisa adonan yang belum dibentuk ke dalam mangkuk, lalu menutupinya dengan kain.
  3. Adonan mutiara yang belum direbus matang bisa kamu simpan dalam wadah tertutup rapat dan masukkan ke dalam freezer. Homemade pearl ini baiknya dihabiskan dalam 5-7 hari.

Bonus:

Video tutorial membuat bubble pearl / Boba untuk kamu:

Cara Membuat Boba Pearl

Nah, begitulah cara membuat Boba / Bubble Pearl kamu sendiri di rumah, Boba yang sudah jadi dapat dinikmati bersamaan dengan milk tea, thai tea ataupun minuman lainnya yang kamu suka, Sekian artikel dari saya, terima kasih.

Seorang Pemuda dengan mimpi setinggi langit. Ya, tinggi, tapi sekarang sedang menyiapkan roket untuk mencapainya.

Tinggalkan Balasan

Back To Top