Tutorial Umum

[Tutorial] Cara Ubah Word (.docx) ke PDF (.pdf) Menggunakan WPS Office

Cara mengubah dokumen microsoft word (.docx) ke dokumen PDF (.pdf) dengan WPS Office cukup mudah, hanya dengan beberapa tahap saja kamu sudah bisa melakukannya, yuk simak artikelnya!

CariJawaban.id | Halo sahabat carijawaban! Di artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana mengubah atau mengubah dokumen microsoft word (.docx) ke dokumen PDF (.pdf), caranya cukup sederhana, yuk kita simak beberapa step yang harus dilakukan di bawah ini.

Menyiapkan Dokumen Word (.docx)

Yang pertama adalah menyiapkan dokumen word terlebih dahulu. Untuk memiliki dokumen ini kalian pastinya sudah tidak asing dengan Microsoft Word bukan? Nah, untuk kali ini, saya akan menggunakan software yang berbeda dari Microsoft Word yaitu WPS Office versi desktop / PC. Untuk kamu yang sudah memiliki dokumen word, silahkan lanjut ke tahap terakhir, jika belum, simak beberapa informasi di bawah ini.

Membuat Dokumen Menggunakan WPS Office

Untuk membuat dokumen ber ekstensi .docx, maka WPS Office bisa jadi salah satu opsi jika kalian terkendala masalah lisensi dengan Microsoft Word karena software ini memang gratisan. Nah beberapa tahap untuk membuat dokumen word nya adalah sebagai berikut:

Ubah Dokumen Word ke PDF Tahap 1
Ubah Dokumen Word ke PDF Tahap 1

Setelah kamu masuk ke program WPS Office maka akan ada tampilan seperti berikut, Pilih Document dengan klik kiri mouse atau tap di laptop maka kamu akan membuat dokumen baru.

Ubah Word ke PDF Tahap 2
Ubah Word ke PDF Tahap 2

Jika sudah klik Document maka selanjutnya adalah memilih template dari dokumen word (.docx) kamu, terdapat beberapa template tapi untuk contoh yang ini saya menggunakan template Blank atau template kosong.

Ubah Word ke PDF Tahap 3
Ubah Word ke PDF Tahap 3

Dengan template kosong silahkan isi dengan kata-kata atau paragraf atau cerita yang akan kamu tulis di dalamnya lalu jika sudah selesai, di kiri atas terdapat icon Save (Ctrl+S) dan save file kamu dengan nama apapun dan memiliki ekstensi (.docx), dengan itu kita sudah memiliki satu dokumen word (.docx) yang siap untuk diubah menjadi PDF.

Mengubah .DOCX Menjadi .PDF

Ubah Word ke PDF Tahap 4
Ubah Word ke PDF Tahap 4

Jika kamu sudah memiliki dokumen word nya (.docx) maka kita bisa buka kembali dokumen itu menggunakan WPS Office klik tombol menu di kiri atas layar, nanti akan ada menu Export To PDF lalu klik. Tampilan setelah klik akan seperti gambar di atas, pilih dokumen yang akan diubah menjadi PDF lalu klik tombol Export to PDF yang berwarna hijau di kanan bawah layar, maka dokumen pdf akan dibuat dan otomatis akan di save dengan format .PDF berupa file baru.

Begitulah cara untuk mengubah dokumen word ke pdf via WPS Office, semoga bermanfaat buat kalian semua. Salam CariJawaban!

Link Download WPS Office Full: https://www.yasir252.com/software/download-wps-office-2019-full-version/

Tinggalkan Balasan