Teknologi

Manfaat Panel Surya Untuk Sumber Energi Listrik Daur Ulang Tanpa Emisi

Ingin Bumi kita bebas emisi? Yuk kita simak manfaat panel surya untuk sumber energi listrik daur ulang tanpa emisi disini!
Solar Panel
Solar Panel

CariJawaban.id | Jika berbicara tentang sumber energi yang rendah emisi, tentunya ada beberapa yang bisa kita gunakan. Salah satunya adalah tenaga matahari yang ditampung pada Panel Surya. Yuk mari kita simak Manfaat Panel Surya untuk sumber energi listrik daur ulang tanpa emisi!

Jika kita membahas tentang bagaimana memelihara bumi kita tercinta ini, khususnya untuk mencegah global warming atau disebut juga pemanasan global. Tentunya kita harus memikirkan metode terbaik untuk penggunaan bahan bakar yang menciptakan emisi, khususnya dari kendaraan.

Emisi sangat buruk bagi atmosfer bumi kita, pemanasan membuat es di kutub mencair dan menaikkan permukaan laut. Hal ini SANGAT BERBAHAYA apabila dibiarkan begitu saja, karena dapat menenggelamkan kota-kota. Belum lagi lapisan ozon juga dapat menipis akibat emisi.

Salah satu solusi tepat adalah dengan mengubah sumber daya yang digunakan, khususnya sumber daya bahan bakar untuk menghasilkan listrik. Mengapa? Sudah tentu karena listrik adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan saat ini, karena tanpa listrik kita hidup di jaman purbakala seperti Dinosaurus. :p

Nah dari listrik ini kita dapat melakukan banyak hal seperti internetan, menyalakan lampu, cas hp, dan banyak hal lainnya yang dapat kita lakukan, termasuk mengendarai kendaraan listrik.

Menggunakan Pembangkit Listrik Yang Ramah Lingkungan

Listrik
Listrik

Saat ini jenis pembangkit listrik terbagi menjadi dua, yaitu yang ramah lingkungan dan yang tidak ramah lingkungan. Sebelum kita membahas apa itu manfaat Panel Surya, mari kita simak macam-macam pembangkit listrik berikut:

1. PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) – Tidak Ramah Lingkungan

PLTA
PLTA

Tidak ramah lingkungan karena menghasilkan emisi gas metana dari gelembung udara yang keluar dari air, melalui proses penguraian organik pohon atau rumput oleh bakteri.

2. PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) – Tidak Ramah Lingkungan

PLTG
PLTG

Tidak ramah lingkungan karena hasil pembakaran gas akan menciptakan banyak emisi.

3. PLTPB (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) – Tidak Ramah Lingkungan

PLTPB
PLTPB

Tidak ramah lingkungan karena menghasilkan emisi karbodioksida yang cukup banyak.

4. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) – Tidak ramah lingkungan

PLTU
PLTU

Tidak ramah lingkungan karena menghasilkan emisi lebih banyak daripada PLTPB. Cara kerjanya pun mirip, hanya berbeda sumber energinya. Tenaga uap menggunakan batu bara atau minyak bakar, sedangkan PLTPB menggunakan uap dari panas bumi.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PTLD) – Tidak ramah lingkungan

PLTD
PLTD

Tidak ramah lingkungan karena menghasilkan emisi dari hasil pembakaran gas untuk menggerakan rotor.

6. Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PTLO) – Ramah lingkungan

PLTO
PLTO

Ramah lingkungan, namun sangat tergantung dengan keadaan ombak dilautan. Berpotensi besar namun masih perlu waktu untuk pengembangan. Mulai dari tempat yang hanya bisa dibuat di sekitaran laut saja.

7. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) – Ramah lingkungan

PLTB
PLTB

Ramah lingkungan, namun sangat mengandalkan lokasi yang mendukung untuk pemasangan kincir yang ukurannya cukup besar dan tinggi. Baik namun belum sempurna, tetapi berpotensi besar untuk dikembangkan.

8. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) – Ramah lingkungan

PLTS
PLTS

Nah ini yang ditunggu-tunggu, pembangkit listrik tenaga surya adalah yang paling sempurna diantara yang lain. Ramah lingkungan, dan mudah untuk diimplementasikan di mana pun mulai dari skala besar maupun skala kecil.

Kekurangannya untuk saat ini adalah harganya yang masih relatif cukup mahal untuk masyarakat kebanyakan, namun bila dilihat dari perspektif yang lain, PLTS merupakan yang paling unggul.


Setelah kita membahas berbagai macam pembangkit listrik, mari saatnya kita membahas manfaat panel surya. 🙂

Panel surya adalah sebuah alat yang digunakan untuk implementasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), dimana energi panas dari matahari lalu dikonversi menjadi energi listrik.

Berikut adalah manfaatnya:

  • Hemat jangka panjang. Meski biaya alat dan setup di awal memang relatif cukup mahal, namun jika dihitung dalam jangka panjang, total biaya dalam waktu yang sama, hasilnya akan jauh lebih murah menggunakan PLTS.
  • Fleksibel, karena dapat dipasang di mana saja sesuai kebutuhan. Ukuran alat pun terdapat varian yang menyesuaikan kebutuhan.
  • Sentralisasi dan Desentralisasi. Dengan Sentralisasi pembangkit listrik di suatu area, listrik dapat di distribusikan ke tempat-tempat yang membutuhkan. Lalu jika kita ingin Desentralisasi pun bisa, menciptakan sistem panel surya sendiri untuk menjadi pembangkit listrik (contohnya menaruh panel surya di atap rumah sendiri).
  • Sumber energi murni, menggunakan matahari sebagai sumber energi penghasil listrik. Memudahkan kita untuk mengakses karena matahari bersinar menyinari bumi, dan itu mempermudah kita untuk mendapatkan listrik.
  • Tidak bising, ya, tidak mengeluarkan suara ketika alat beroperasi. Hal ini menyebabkan kita dapat dengan tenang mendapatkan sumber energi yang kita butuhkan tanpa terganggu.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah PLTS merupakan solusi yang tepat dan layak digunakan untuk masa depan sebagai metode kita mendapatkan energi listrik. Meski begitu, alternatif lain pun masih dapat dikombinasikan.

Namun yang paling utama saat ini, yang paling bagus dan menjanjikan adalah PLTS. Terlepas dari harganya yang masih relatif mahal.

Dengan pengembangan yang baik di masa depan, tentunya akan membuat panel surya sebagai alat PLTS, akan semakin murah.

Sekian dari kami mengenai manfaat panel surya, dan ikuti kami terus untuk mendapat informasi terbaru selanjutnya ya!

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: