Hiburan Teknologi

Bermain Game Di PS 5, Apa Perbedaannya Dengan PS 4?

Senang bermain game? Sudah Bermain Game Di PS 5? Yuk simak lengkap tentang Playstation 5 bersama kami disini!
PS 5 - Bermain Game Di PS 5
PS 5

CariJawaban.id | Senang bermain game? Playstation 5 sudah keluar lho! Yuk simak lengkap bersama kami tentang Bermain Game Di PS 5.

Jika kamu sudah sering bermain game di PS (playstation), maka PS 5 adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. 😉

Tentang PS 5

Sony baru saja mengungkap spesifikasi konsol game generasi mendatang besutannya, PlayStation 5 ( PS5), lewat acara yang ditayangkan secara live streaming pada Kamis (19/3/2020).

Perusahaan asal Jepang tersebut juga membeberkan sejumlah peningkatan yang diterapkan pada PS5 dibandingkan pendahulunya, PlayStation 4, termasuk dari segi hardware yang lebih bertenaga, waktu loading lebih gegas, dan dukungan resolusi gambar lebih tinggi.

Zen 2 dengan inti CPU berkecepatan 3,5 GHz, lebih tinggi dibanding PS4 sebelumnya yang ditenagai 8 prosesor AMD Jaguar 1,6 GHz. Kapasitas RAM PS5 juga dua kali lebih besar dibanding PS4, yakni 16 GB.

Kemampuan olah grafis PS5 mendapat peningkatan besar dengan GPU AMD yang memiliki 36 Compute Units (CU) dan daya komputasi sebesar 10,28 Teraflops, jauh meningkat dari GPU PS4 dengan 18 CU dan daya komputasi 1,84 Teraflops.

Media penyimpanan PS5 pun kini sudah beralih menggunakan Solid State Drive (SSD) yang memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibanding Hard Disk Drive (HDD) pada PS4.

Walhasil, waktu loading game bisa dipersingkat. Lead System Architect of PlayStation 5 Mark Cerny mengklaim bahwa, berkat SSD, PS5 hanya membutuhkan waktu 2,7 detik saja untuk memuat sebuah game.

Adapun SSD PS5 berkapasitas 825 GB yang masih bisa diperluas dengan SSD tambahan.

Tak ketinggalan, PS5 pun sudah menyertakan dukungan untuk resolusi gambar lebih tinggi, yakni hingga 8K, dibanding PS4 yang mentok pada resolusi 4K.

Nantinya konsol anyar ini juga akan mampu membaca game dari piringan Ultra High Definition (UHD) Blue-ray. Untuk tanggal peluncurannya sendiri, PS5 baru akan hadir pada akhir 2020 nanti.

Sony masih belum mengungkap tanggal pastinya ataupun bentuk fisik dari konsol next-gen ini. Sembari menunggu, cermati dulu perbedaan spesifikasi PS5 dan PS4 dalam tabel di bawah.  

Tabel Perbandingan PS 5 dan PS 4
Tabel Perbandingan PS 5 dan PS 4

Untuk detail perbandingannya bisa dilihat pada info berikut juga:

PlayStation 5

CPU : 3,5 GHzAMD Zen 2 octa-core

GPU : AMD RDNA 2 10.28 TFLOPs

RAM : GDDR6 16GB

Memori Internal : SSD 825 GB, speed 5,5GB/s

Grafis : 8K dan 4K pada refresh rate 120Hz

Controller : DualSense

PlayStation 4 Pro

CPU : AMD Jaguar octa-core

GPU : AMD Radeon 4.20 TFLOPs

RAM : GDDR5 8GB

Memori Internal : HDD 1TB

Grafis : 4K Controller : DualShock 4

PlayStation 4

CPU : AMD Jaguar octa-core

GPU : AMD Radeon 1.84 TFLOPs

RAM : GDDR5 8GB

Memori Internal : HDD 500GB atau 1TB

Grafis : 4K Controller : DualShock 4


Perbandingan Bermain Game Di PS 5 dan PS 4

Bagaimana jika langsung melihat perbandingan game yang terdapat pada PS 5 dan PS 4 dari video berikut:


Harga dan Waktu Rilis PS

PS 5
PS 5

PlayStation 5 atau PS 5 akan rilis pada November 2020 dengan harga $499 (sekitar Rp7,4 juta) dan $399 (Rp5,9 juta) untuk varian tanpa disk drive.

Pengumuman harga tersebut menjadi awal pertarungan akhir tahun antara Xbox dan PlayStation.

PlayStation 5 dan Xbox Series X memiliki harga yang sama, tetapi PlayStation 5 Digital Edition seharga $399 “menawarkan diskon substansial dalam hal kinerja atau perangkat keras,” ujar analis di perusahaan analisis game Newzoo, Guilherme Fernandes.


Nah bagaimana menurut kalian? Sudah siap Bermain Game Di PS 5? hehe.

Saat Pandemi Covid 19, cucok banget buat main game untuk tetap memberi hiburan pada diri kita. Yuk tunggu apa lagi, bungkus! 😉

Lihat juga :

Hero Mudah Untuk Boost Rank Di Mobile Legends

Situs Resmi Playstation 5

Tinggalkan Balasan