Otomotif Teknologi

Sejarah Perusahaan Otomotif Tesla Motors Inc

Yuk kita lihat sejarah perusahaan mobil listrik Tesla Motors Inc, salah satu perusahaan otomotif terbaik di dunia saat ini.
Tesla Inc Logo
Tesla Inc Logo

CariJawaban.id | Apakah kamu sudah tau Tesla Motors Inc? Jika belum, yuk mari kita simak sejarah berdirinya perusahaan otomotif ini bersama kami. 🙂

Pengenalan

Tesla Motors Inc adalah sebuah perusahaan yang memproduksi mobil listrik dan panel surya yang ramah lingkungan, karena tidak menciptakan polusi akibat pembakaran bahan bakar kendaraan.

Nama Tesla sendiri diambil dari nama penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik asal Amerika Serikat, yaitu Nikola Tesla.

Di benua Amerika dan Eropa, Tesla Motors Inc perusahaan otomotif asal Amerika Serikat ini sudah terkenal sebagai pembuat dan pengembang mobil sport elektrik yang berpusat di San Carlos, California, Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri mobil Tesla Motors Inc ini masih bisa dibilang masih sangat jarang terlihat.

2003

Mari kita mulai masuk ke sejarah perusahaan otomotif Tesla Motors Inc.

Perusahaan Tesla Motors Inc didirikan pada tahun 2003 oleh sekelompok insinyur bernama Martin Eberhard dan Marc Tarpenning.

Mereka ingin membuktikan bahwa manusia dapat menggunakan kendaraan listrik yang lebih baik, daripada kendaraan berbahan bakar minyak.

Impian mereka adalah menghentikan ketergantungan bahan bakar kendaraan pada bahan bakar minyak, dan beralih pada bahan bakar yang tidak menghasilkan emisi.

Hal menarik yang terjadi adalah ketika produsen otomotif General Motors menarik semua mobil listrik EV1 dan menghancurkannya pada tahun tersebut, justru Tesla Motors Inc didirikan.

2004

Elon Musk bergabung dalam Tesla Motors Inc dengan mengucurkan dana sebesar 7,5 juta dolar AS pada April 2004, membuatnya menduduki posisi Direktur Utama sekaligus Founder dari Tesla Motors Inc.

Elon Musk memimpin fase investasi Seri A dengan tujuan utama mengomersialkan kendaraan listrik, dimulai dengan mobil sport premium sebagai langkah awal.

Kemudian pendanaan Tesla Motors Inc berlanjut ke Seri B senilai 13 juta dolar AS, dengan melibatkan Valor Equity Partners.

2005

Tesla Motors Inc menandatangani kontrak produksi model pertamanya yaitu Tesla Roadster dengan Group Lotus untuk memproduksi mobil yang memanfaatkan motor listrik AC (Alternating Current).

Tesla Roadster adalah mobil sport premium yang selama ini diidamkan Tesla Motors Inc dan menjadi batu loncatan sebelum produksi massal.

Produksi Tesla Roadster menjadi produksi otomotif pertama yang menggunakan baterai lithium-ion, dan mobil listrik pertama yang dapat menempuh jarak 320 km untuk setiap charging atau pengisian listrik.

Motor listrik Roadster menjadi turunan langsung dari desain sistem listrik AC yang dibuat Nikola Tesla sejak tahun 1882.

Tesla Roadster to Space
Tesla Roadster to Space

2006

Elon Musk mendapatkan penghargaan desain Global Green 2006 atas Tesla Roadster, yang diserahkan oleh mantan presiden Uni Soviet terakhir Mikhail Gorbachev.

Pendanaan masuk seri ke 3 senilai 40 juta dolar AS dengan menggandeng Technology Partners, pendiri Google yaitu Sergey Brin dan Larry Page, mantan presiden eBay yaitu Jeff Skoll, penerus Hyatt yaitu Nick Pritzker, Capricorn Management dan The Bay Area Equity Fund yang dikelola JPMorgan Chase.

Tesla Motors Inc mendirikan anak perusahaan bernama Solar City, yang bergerak dalam bidang panel surya.

Solar City bekerja sama dengan Panasonic dalam mengoperasikan pabrik komponen surya Tesla Gigafactory 2 di New York.

2007

Penghargaan Index Design Award diterima Elon Musk untuk Tesla Roadster. Penghargaan ini diterima bersamaan dengan pengurangan 10% karyawan Tesla Motors Inc, untuk mengurangi pengeluaran.

Pendanaan keempat pada tahun 2007 menambah modal 45 juta dolar AS dan mentotalkan jumlah pendanaan lebih dari 105 juta dolar AS.

2008

Pendiri awal perusahaan Tesla Motors Inc, Eberhard dan Tarpenning, mundur dari perusahaan pada tahun 2008 setelah diminta oleh jajaran direksi.

Tesla Roadster mulai dijual Tesla Motors Inc dengan mengedepankan teknologi baterai termutakhir.

Kemudian dari baterai yang sama tersebut, perusahaan Tesla Motors Inc mendesain sedan listrik total (All-Electric) premium dengan Model S yang menjadi mobil terbaik di kelasnya dari setiap kategori.

Elon Musk yang menjabat sebagai CEO, memecat 25% pegawai Tesla.

Pendanaan seri kelima ditambahkan senilai 40 juta dolar AS, untuk menghindari kebangkrutan.

2009

Pada awal tahun bulan Januari, pendanaan yang masuk sudah senilai 187 juta dolar AS, dan perusahaan sudah memproduksi 147 mobil.

Pada bulan Mei, produsen Mercedes Benz yaitu Daimler AG mengakuisisi kurang dari 10% saham Tesla Motors Inc senilai 50 juta dolar AS.

Tesla Motors Inc mendapatkan pinjaman sebesar 465 juta dolar AS dari Department of Energy Amerika Serikat yang mendukung rekayasa dan produksi sedan Model S, sebagai bagian dari pendanaan 8 milyar dolar AS yang bernama Advanced Technology Vehicles Manufacturing Loan Program.

Pada bulan Juli, 40% kepemilikan Daimler di Tesla Motors Inc dijual kepada Aabar Investments dari Abu Dhabi. Profitabilitas Tesla Motors Inc mulai terlihat dengan tercatatnya laba perusahaan sebesar 1 juta dolar AS, setiap pendapatan 20 juta dolar AS.

2010

Saham Tesla Motors Inc tercatat senilai 17 dolar AS per saham di NASDAQ, dan meraih pendanaan sebesar 226 juta dolar AS.

2011

Pemesanan Tesla Model S yang bermodel sedan sudah mencapai 6.500 unit, dan pengirimannya dimulai pada tahun 2012.

Tesla Model S
Tesla Model S

2012

Tesla Model X bermodel Crossover diperkenalkan pertama kali di studio desain perusahaan di Hawthorne, California, pada Februari.

Sedangkan Tesla Model S mulai dikirim ke konsumen ritel pada bulan Juni.

Tesla Model X
Tesla Model X

2013

Penjualan Tesla Model S menjadi yang terbesar di Norwegia pada bulan September, dan juga menjadi mobil listrik pertama yang mencapai penjualan terbanyak di dunia.

2015

Tesla Motors Inc melakukan ekspansi jajaran produknya dengan merilis perdana Tesla Model X, yang dianggap kendaraan sport paling mumpuni dalam sejarah.

Tesla Motors Inc bernegosiasi dengan pemerintah Cina, dan merencanakan pembuatan pabrik lain di India untuk memproduksi mobil untuk keperluan domestik.

2016

Tesla Model 3 diluncurkan dengan spesifikasi murah diluncurkan dengan spesifikasi murah dan volume listrik tinggi.

Tesla Model 3

Tesla Semi juga diumumkan akan dibuat pada tahun 2019 dengan tingkat penghematan bahan bakar minimal 200.000 dolar AS per juta mil.

Tesla Semi
Tesla Semi

Perusahaan mencanangkan rencana produksi total 500.000 unit (Model S, Model X, dan Model 3) pada tahun 2018, dua tahun lebih awal dari rencana awal.

2017

Tesla Motors Inc secara resmi berubah nama menjadi Tesla Inc.

2019

Tesla Cybertruck rilis dengan wujud futuristik. Banyak orang berpendapat bahwa desain Tesla Truck ini cocok untuk digunakan di Mars.

Tesla Cybertruck

2020

Pencapaian Tesla pada tahun 2020 adalah produksi yang sudah mencapai 1 juta unit, dan unit yang mendapatkan penghormatan adalah Tesla Model Y.

Hal ini sangat berarti bagi sejarah perusahaan otomotif Tesla Motors Inc, yang berjuang sejak tahun 2003, dan akhirnya menjadi salah satu perusahaan otomotif terbaik saat ini.

Tesla Model Y
Tesla Model Y

Kesimpulan

Sejarah perusahaan otomotif Tesla Motors Inc tentunya akan terus mengalami perkembangan menjadi lebih baik lagi, dan tentunya akan membantu kita dan lingkungan menjadi lebih terjaga.

Untuk informasi mengenai Tesla Motors Inc selanjutnya, kamu dapat ikuti kami di CariJawaban.id.

Yuk follow kami supaya kamu dapat notifikasi melalui email.

Salam hangat dari kami! 🙂

Tinggalkan Balasan