Makanan Unik Khas Indonesia Yang Harus Kamu Coba

makanan khas indonesia - nasi kentut
KulinerLeave a Comment on Makanan Unik Khas Indonesia Yang Harus Kamu Coba

Makanan Unik Khas Indonesia Yang Harus Kamu Coba

CariJawaban.id | Makanan indonesia sangat beragam, hingga kita juga sampai bingung asalnya dari daerah mana. Nah kali ini kita akan membahas tentang makanan unik khas Indonesia, yuk simak bersama kami disini.

Makanan unik khas Indonesia menjadi salah satu ketertarikan tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Sebab nama unik dan cita rasa membuat penasaran untuk dicoba.

Makanan khas Nusantara yang memiliki nama unik dan lucu kerap kali membuat orang Indonesia sendiri saja tertawa geli dibuatnya. Nama makanan unik ini tersebar dan menjadi menu istimewa sejak nenek moyang. Sebagian masih dijajakan di pasar tradisional dan ada pula yang menjamah restoran papan atas.

Berikut nama makanan unik khas Indonesia yang bikin ngakak. Pastinya membuat para pecinta kuliner Tanah Air ingin mencicipi.

makanan unik khas indonesia Ketela Bajingan
Ketela Bajingan

Makanan unik dan lucu khas Indonesia yang pertama berasal dari Temanggung, Jawa Tengah. Ketela bajingan terbuat dari singkong atau ketela pohon.

Salah satu nama makanan unik yang disajikan utuh tanpa dipotong terlebih dahulu. Sehingga sekilas mirip dengan binatang bajing direbus.

Ketela dimasak dengan tambahan gula jawa, daun pandan dan santan, lalu disajikan bersama kuah manis kental. Camilan sehat yang mengenyangkan, cocok untuk menu menyambut pagi.

Nasi Kentut
Nasi Kentut

Nama makanan unik yang bikin ngakak selanjutnya berasal dari Medan. Nasi kentut dimasak bersama daun sembukan (paederia scandens). Sebab dikenal sebagai tanaman kentut di Sumatera dan Jawa, muncullah nama ‘Nasi Kentut’.

Meski begitu, nasi kentut tetap memberi cita rasa lezat dan tak menimbulkan bau tak sedap layaknya kentut. Kerap disajikan dengan ikan pepes, ayam gulung, tahu dan tempe.

Tak perlu ragu untuk mencobanya. Sebab daun sembukan sangat baik bagi kesehatan, seperti mengobati sariawan, mengatasi perut kembung, mengobati mata dan radang telinga.

makanan unik khas indonesia Kerupuk Melarat
Kerupuk Melarat

Makanan unik berikutnya berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Nama kerupuk melarat berasal dari proses memasaknya yang tak menggunakan minyak. Melainkan digoreng dengan pasir yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Terkesan unik bagi banyak orang. Rasa kerupuk melarat akan semakin nikmat saat dicocol dengan sambal asam. Serta memiliki beraneka ragam warna, dari hijau, putih, kuning, hingga merah muda.

makanan unik khas indonesia Mie Lendir
Mie Lendir

Lendir terkesan menjijikan bagi sebagian orang. Lain halnya dengan mie lendir yang akan membuat lidah ingin menikmati lagi. Makanan khas Riau dan Batam ini memiliki kuah sangat kental berwarna cokelat dan lezat. Sehingga tersirat nama ‘Mie Lendir’.

Sate Kere
Sate Kere

Diartikan secara bahasa Jawa, kere itu miskin atau melarat. Sate kere menjadi salah satu menu tradisional di Solo dan Jogja.

Perbedaannya, bila di Solo makanan unik ini terbuat dari ampas tahu dan tetap dilengkapi bumbu kacang seperti sate pada umumnya.

Sedangkan sate kere di Jawa, kerap ditemukan di sekitaran Kraton dengan bahan utama gajih sapi, ada pula jeroan sapi dengan sedikit daging sapi.

mencicipi renyahnya roti ketawa kudapan khas siantar mirip onde onde
Kue Ketawa

Makanan unik berikutnya tak kalah nendangnya di lidah. Kue ketawa memiliki bulat dan ada belahan di permukaannya, sehingga terlihat seperti mulut sedang tertawa.

makanan unik khas indonesia Kue Tete
Kue Tete

Makanan unik dari jenis kue tradisional ini juga bikin sebagian orang tertawa. Kue tete atau disebut juga kue ape berasal dari Betawi. Kue olahan tepung terigu dan tepung beras, diberi pewarna makanan hijau atau daun pandan.

Bentuknya bulat melebar dan menonjol di bagian tengahnya. Oleh sebab itu diberi nama ‘Kue Tete’.

Hati-hati pikirannya kemana-mana ya! hehe

lidah kucing
Lidah Kucing

Masih perihal camilan, kali ini makanan unik khas Indonesia yang kerap dijumpai saat lebaran. Lidah kucing sejenis kue kering bentuk panjang dan tipis, menyerupai lidah.

Kue lidah kucing termasuk makanan yang dikenalkan oleh Belanda saat masa penjajahan. Rasanya enak, perpaduan manis-gurih dan renyah.

Nasi Kucing
Nasi Kucing

Makanan unik yang terakhir berasal dari Yogyakarta. Santapan yang kerap dijumpai sore hingga tengah malam di Angkringan. Begitu populer, sebab nasi kucing sangat tepat untuk kantong pelajar dan anak kos.

Nasi kucing biasanya dibungkus dengan daun pisang dan porsi kecil layaknya porsi makan kucing. Biasanya ditemani lauk ikan goreng, tempe ataupun tahu, serta satu sendok sambal.


Nah begitulah macam-macam makanan unik khas Indonesia, luar biasa bukan? Mari kita coba langsung yuk! ;p

Simak informasi menarik lainnya hanya di CariJawaban.id!

Baca juga:

10 jenis makanan ekstrim yang ada di dunia

Potato Corner Cemilan Kentang Goreng Nikmat Tiada Tara

I'm a Polymath Kitten!

Tinggalkan Balasan

Back To Top