Kesehatan Kuliner Umum

Diketahui Memiliki Banyak Manfaat, Inilah Alasan Mengapa Jamur Enoki Akan Ditarik Dari Peredaran

Jamur enoki yang diketahui memiliki banyak manfaat, dikabarkan akan ditarik di peredaran karena alasan-alasan berikut ini
Jamur Enoki
Jamur Enoki

CariJawaban.id | Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) meminta pelaku usaha (importir) untuk menarik dan memusnahkan jamur enoki yang beredar di Indonesia. Beberapa alasan yang menjadi penyebab itu antara lain:

1. Diduga Terkontaminasi Bakteri Listeria Monocytogenes
Jamur yang diimpor dari Korea Selatan (Korsel) tersebut ditemukan terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes dan dapat menyebabkan penyakit listeriosis.

2. Ada Peringatan dari INFOSAN
Berdasarkan pernyataan resmi Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi, penarikan dan pemusnahan ini dilakukan berdasarkan peringatan dari International Food Safety Authority Network (INFOSAN) yang merupakan jaringan otoritas keamanan pangan internasional di bawah FAO/WHO melalui Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed (INRASFF) nomor IN.DS.2020.09.02 pada tanggal 15 April 2020 lalu.

3. Ada Kejadian Luar Biasa di AS hingga Australia
Dalam peringatan tersebut, Indonesia mendapatkan kabar atas Kejadian Luar Biasa (KLB) pada Bulan Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia yakni akibat dari mengkonsumsi jamur enoki asal Korsel yang tercemar bakteri listeria monocytogenes.

4. Bakterinya Bisa Bikin Manusia Meninggal
Bakteri tersebut menyebabkan penyakit listeriosis yang mempunyai konsekuensi sakit hingga meninggal dunia, utamanya pada golongan rentan, balita, ibu hamil dan manula.

5. Investigasi Dilakukan Dilanjut Penarikan
Setelah mendapatkan kabar tersebut, BKP melakukan investigasi dan menemukan importir di Indonesia yang memasok jamur enoki asal Korsel yang dinotifikasi oleh INFOSAN telah memiliki nomor pendaftaran PSAT dari Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Pusat (OKKPP).

Pada tanggal 21 April 2020 dan 26 Mei 2020 telah dilakukan sampling oleh petugas OKKPP dan importir diminta agar tidak mengedarkan jamur enoki sampai investigasi selesai.

Setelah itu, dilakukan pengujian jamur enoki di laboratorium PT. Saraswanti Indo Genetech memberikan hasil sesuai dengan nomor hasil uji SIG.CL.2020.013381 tanggal 5 Mei 2020 dan SIG.CL.62020.017013 tanggal 10 Juni 2020.

Berdasarkan hasil pengujian tersebut, 5 lot tidak memenuhi persyaratan karena terdeteksi mengandung bakteri Listeria monocytogenes yang melewati ambang batas.

Akhirnya, BKP Kementan memerintahkan importir untuk melakukan penarikan dan pemusnahan produk jamur enoki dari Green Co Ltd, Korea Selatan.

Surat Kepala BKP kepada Direktur PT Green Box Fresh Vegetables nomor B-259/KN.230/J/05/2020 tanggal 18 Mei 2020 hal penarikan produk. Pemusnahan atas jamur enoki sebanyak 1.633 karton dengan berat 8.165 kg dilakukan pada tanggal 22 Mei 2020 dan 19 Juni 2020 di PT Siklus Mutiara Nusantara, Bekasi.

Jamur Enoki Goreng Tepung
Jamur Enoki Goreng Tepung

Sebelum jamur enoki dianggap membahayakan kesehatan, sejumlah peneliti menemukan beberapa manfaat baik dari jamur enoki itu sendiri, banyak orang yang menggemari memakan jamur enoki ini terutama di Indonesia sendiri. Jamur yang merupakan salah satu spesies yang tumbuh di Asia. Pada zaman dulu jamur ini digunakan untuk mengatasi gangguan perut serta menjaga tekanan darah dan kesehatan organ hati.

Berikut manfaat jamur enoki bagi kesehatan:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Pola makan yang sehat adalah salah satu kunci untuk menjaga daya tahan tubuh. Anda perlu mengonsumsi makanan yang tepat untuk meningkatkan sistem imun Anda.

Jamur enoki memiliki senyawa protein yang dapat menambah kekebalan tubuh terhadap penyakit. Bahkan, terdapat senyawa penambah sistem imun tubuh dalam jamur enoki yang dapat pertumbuhan tumor pada tikus.

2. Cocok sebagai makanan diet

Butuh cemilan sehat rendah kalori untuk menurunkan berat badan? Coba konsumsi jamur enoki!

Jamur enoki memiliki kalori dan karbohidrat yang rendah, serta tidak memiliki kandungan gula ataupun lemak di dalamnya, sangat cocok sebagai sebagai makanan diet, bukan?

Anda juga dapat mengganti makanan sehari-hari yang tinggi lemak dan kalori dengan jamur enoki untuk mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi sehari-harinya.

3. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang lancar membuat hari-hari terasa lebih menyenangkan! Jamur enoki dapat menjadi salah satu hidangan untuk meningkatkan asupan serat Anda. Serat dalam jamur enoki dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

4. Melindungi organ jantung

Siapa sangka, jamur enoki yang memanjang dan kecil ini mampu melindungi organ vital Anda. Ekstrak jamur enoki mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jamur enoki juga mengandung serat jenis beta-glukan yang efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi.

5. Kaya nutrisi

Jamur enoki adalah salah satu pilihan bahan makanan yang dapat dipadukan dalam hidangan, karena memiliki berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B, potasium, fosfor, zat besi, selenium, zinc, dan tembaga.

6. Tinggi antioksidan

Di balik bentuknya yang kecil, jamur enoki menyimpan beragam antioksidan yang siap membantu tubuh menangkal radikal bebas pemicu penyakit kronis, meningkatkan fungsi otak, pembentukan DNA, dan menambah energi.

Beberapa antioksidan yang terkandung di dalam jamur enoki adalah asam galat, caffeic acidquercetin, dan katekin.

7. Berpotensi melawan kanker

Jamur enoki dianggap berpotensi menjadi obat untuk mengatasi kanker karena mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Jamur enoki didapati bisa mengurangi kanker hati di tikus.

Tidak hanya itu, riset lain juga menemukan bahwa jamur enoki dapat menghambat sel kanker payudara. Meskipun demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk menelaah manfaat jamur enoki yang satu ini.

Nah karena sekarang beredar penelitian bahwa jamur enoki tidak baik untuk dikonsumsi, sebaiknya sahabat carijawaban harus hati-hati dalam memakan makanan ya! selalu jaga kesehatan terutama di masa pandemi covid-19 saat ini!

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: