Hiburan Teknologi Umum

10 Film Inspirasi Yang Wajib Ditonton Untuk Setiap Pengusaha Muda

Artikel ini membahas tentang 10 Film Inspirasi yang wajib ditonton untuk setiap pengusaha muda di Indonesia contohnya The Social Network

Carijawaban.id | Di Indonesia tentunya banyak sekali pemuda-pemuda yang memiliki semangat tinggi untuk memiliki usaha sendiri, tidak heran banyak lahir-lahir pengusaha muda yang berasal dari berbagai bidang perindustrian dan perusahaan akhir-akhir ini, Nadiem Makarim salah satu contohnya. Siapa yang tidak kenal dengan bos pasukan hijau ini? Ya, dia adalah penemu sekaligus CEO dari Go-Jek, layanan transportasi ojek berbasis aplikasi. Kini, Go-Jek bukan hanya ada di Jakarta melainkan sudah menyebar di hampir seluruh kota besar di Indonesia. Jangan bertanya omsetnya berapa jika para driver Go-Jek sendiri bisa mengantongi banyak penghasilan per bulannya dari mulai 3 juta sampai puluhan juta.

Namun artikel ini tidak membahas tentang pengusaha muda melainkan akan membahas tentang 10 Film Inspirasi yang menjadi rekomendasi untuk para pengusaha muda di Indonesia ataupun kalian yang memiliki motivasi menjadi orang yang sukses namun bingung untuk mencari jalan kemana. Dengan 10 film yang akan di bahas kali ini, setidaknya kamu memiliki gambaran atas pengusaha yang telah sukses terlebih dahulu untuk memberikan inspirasi dan motivasi lebih bagi kamu yang memang bersemangat dalam berwirausaha.

Apa sajakah 10 film tersebut? Mari lihat list-nya di bawah ini:

1. The Social Network (2010)

The Social Network
The Social Network

Social Network merupakan sebuah film karya David Fincher yang membahas tentang CEO Facebook yang sudah tidak asing lagi yaitu Mark Zuckerberg. Dengan set waktu disaat Mark masih kuliah di Harvard University, menceritakan bagaimana Mark membuat facebook yang sekarang memang sudah terkenal dan banyak dipakai oleh masyarakat di Indonesia.

Mengapa kamu harus menonton film ini? Film ini menyuguhkan bagaimana raksasa Facebook dibuat dari nol dan memberikan gambaran kamu bagaimana perusahaan yang sangat kecil menjadi besar dan mendominasi hingga sekarang ini. Selain itu, kamu akan mendapatkan hiburan dari skrip brilian karya Aaron Sorkin dan Arahan yang sempurna dari sutradara David Fincher dan juga aktor-aktor terkenal.

2. Pirates of Silicon Valley (1999)

Pirates of Sillicon Valley
Pirates of Sillicon Valley

Berdasarkan buku Fire In The Valley: The Making of The Personal Computer, Pirates of Silicon Valley menelusuri persaingan antara Steve Jobs dan Bill Gates di era tahun 1971 – 1997. Film ini release tahun 1999 disaat Steve Jobs memulai berkembang di tahap 2 di Apple. Film ini berakhir dengan Bill Gates yang memenangkan persaingan tetapi kita tahu apa yang terjadi selanjutnya.

Mengapa kamu harus menonton film ini? Film ini menyuguhkan cerita tentang permulaan yang sederhana dari kedua tokoh yang sangat ikonik di bidang teknologi dan juga berpengaruh dalam perkembangan teknologi dunia global.

3. Startup.com (2001)

startup.com
Startup.com

Jika kamu ingin belajar lebih tentang bangkit dan jatuhnya perusahaan internet selama dotcom bubble, maka Startup.com adalah film yang sempurna untuk ditonton. Startup.com adalah film dokumenter yang mengisahkan tentang GovWorks, startup menjanjikan yang gagal total karena manajemen yang salah dan masalah internal.

Mengapa kamu harus menonton film ini? Disamping menunjukkan kepada kamu tentang meledaknya era dotcom bubble, film dokumenter ini juga menceritakan bagaimana pertemenanan dapat berubah menjadi persaingan yang pahit karena politik internal. Film yang sangat kurang terkenal, film ini mudah menjadi salah satu film startup terbaik sepanjang masa.

4. Wall Street (1987)

Wall Street
Wall Street

Film ini dengan dialog yang terkenal “Greed is Good”, dipersembahkan oleh Gordon Gekko yang karismatik diperankan oleh Michael Douglas, yang memenangkan academy award untuk performanya.

Disutradarai oleh Oliver Stone, Wall Street menceritakan tentang kisah seseorang yang berambisi dan serakah, digambarkan dengan sangat baik oleh Charlie Sheen dan Michael Douglas dengan terhormat. Aktor utamanya, Bud Fox, mengidolakan Gekko dan dibawa jauh dari kehidupan yang mewah, hanya untuk terikat oleh website trading.

Mengapa Menonton Ini? Sebagai pengusaha muda, sangat mudah untuk terpancing oleh keseakahan dan membuat keputusan moral yang tercela. Wall Street mempersembahkan cerita yang mengisahkan bagaimana ambisi bisa terkadang membawa kita jatuh ke jalan yang tidak etis.

5. Glengarry Glenn Ross (1992)

Glenngarry GlenRoss
Glenngarry GlenRoss

Film yang dibintangi oleh Al Pacino, Kevin Spacey, Jack Lemmon, Alec Baldwin (di adegan stealing cameo) seharusnya memberikan motivasi tersendiri untuk kamu para penontonnya.

Glengarry Glenn Ross adalah berdasarkan pemenang award-winning play yang menunjukkan keadaan buruk dari sales real estate selama musim kerusuhan penjualan.

Mengapa menonton film ini? Film ini menunjukkan bagaimana mengoperasikan tekanan lingkungan penjualan yang tinggi dan bagaimana kamu membutuhkan untuk menggunakan kecerdasan untuk bertahan dan berkembang. Sejak pertama dirilis, film ini sudah digunakan untuk mengajar kehidupan nyata salesman dalam menjual dan bagaimana untuk tidak menjual.

6. The Big Short (2015)

The Big Short
The Big Short

Berdasarkan Buku Michael Lewis dari judul yang sama, The Big Short menceritakan tiga individu yang terpisah namun dengan cerita paralel yang dapat memprediksikan dan membuat keuntungan dari American financial crisis of 2007-08.

Disutradarai oleh Adam McKay, film ini dibintangi oleh aktor terkenal seperti Christian Bale dan Steve Carell.

Film ini juga terkenal karena menggunakan teknik yang tidak konvensional untuk menjelaskan konsep keuangan yang kompleks dan konon membosankan seperti hipotek subprime dan kewajiban hutang yang dijaminkan (CDO).

Mengapa menonton film ini? Jika kamupernah ingin mempelajari alasan sebenarnya di balik krisis keuangan 2007-08 dan tidak bosan sampai mati pada saat bersamaan, maka kamu perlu menontonnya. The Big Short.

Meskipun berfungsi sebagai kisah peringatan bagi para wirausahawan, ini juga menyoroti pentingnya pengambilan risiko dan keyakinan. Sangat sedikit orang yang akan bertaruh melawan pasar perumahan raksasa pada saat itu, tetapi karakter dalam film ini (berdasarkan orang sungguhan) melakukan hal itu, meskipun menghadapi ejekan dan ejekan dari seluruh komunitas keuangan.

7. Steve Jobs (2015)

Steve Jobs
Steve Jobs

Bukan yang dibintangi Ashton Kutcher, tapi yang bersama Michael Fassbender berperan sebagai salah satu pendiri Apple yang ikonik. Disutradarai oleh Danny Boyle dan ditulis oleh Aaron Sorkin (yang juga menulis The Social Network), Steve Jobs adalah jenis film biografi yang berbeda. Ini hanya berisi 3 urutan, semuanya menggambarkan titik penting dalam kehidupan Jobs. Film ini mencakup penampilan brilian oleh Fassbender dan Kate Winslet.

Mengapa menonton ini? Meskipun tidak sekritis yang diharapkan studio, itu masih film biografi Steve Jobs terbaik yang pernah ada. Jika kamu tidak punya waktu untuk membaca biografi brilian Walter Isaacson dari Steve Jobs, tontonlah film ini.

8. The Great Hack (2019)

The Great Hack
The Great Hack

Salah satu skandal paling mengejutkan di tahun 2018 adalah skandal data Facebook–Cambridge Analytica data scandal, di mana terungkap bahwa Cambridge Analytica, sebuah perusahaan konsultan politik Inggris, telah mengambil data pribadi jutaan pengguna Facebook tanpa persetujuan mereka dan menggunakannya untuk iklan politik tujuan, termasuk Brexit dan kampanye presiden Donald Trump 2016.

The Great Hack adalah film dokumenter yang mengkaji skandal Cambridge Analytica dari sudut pandang orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Mengapa menonton ini? Ini mengungkapkan sejauh mana data pribadi kami diambil oleh Facebook untuk tujuan periklanan. Kita semua tahu Facebook menambang data pribadi kita, tetapi The Great Hack mengungkapkan sejauh mana privasi kita dilanggar oleh Facebook. Dan bagian yang menyedihkan adalah ini: Facebook berhasil melakukannya hanya dengan tamparan di pergelangan tangan. Seperti yang ditulis Scott Galloway dalam bukunya The Four, “Facebook telah dijadikan senjata; kemarahan palsu kami belum diterjemahkan menjadi tindakan nyata, dan itu akan menjadi lebih buruk. “

9. Becoming Warren Buffet (2017)

Becoming Warren Buffett
Becoming Warren Buffett

Becoming Warren Buffett adalah film dokumenter tentang Warren Buffett dan hidupnya. Film dokumenter ini membahas perbedaan antara keahlian Warren Buffett dalam berinvestasi dan keterampilan hubungan pribadinya.

Mengapa menonton ini? Jika wirausahawan muda dapat mencari satu panutan sebagai inspirasi, itu pasti Warren Buffet. Warren Buffet dikenal dengan bisnis dan ketajaman berinvestasi. Tapi yang lebih penting, sifatnya yang rendah hati membuatnya menjadi salah satu orang yang paling dikagumi. Jika Anda ingin mempelajari rahasia di balik kesuksesan Buffet, ini adalah film dokumenter yang harus ditonton.

10. The Founder (2016)

The Founder
The Founder

The Founder adalah film biografi taipan makanan cepat saji Amerika, Ray Kroc. Dibintangi oleh Michael Keaton, film ini menceritakan kisah penciptaan jaringan restoran cepat saji McDonald’s, yang menjadi bisnis restoran terbesar di dunia. Film ini juga dibintangi oleh Nick Offerman dan John Carroll Lynch yang berperan sebagai McDonald bersaudara, pendiri asli McDonald’s.

Mengapa menonton ini? Meskipun merupakan tokoh yang kontroversial, kisah Ray Kroc merupakan kisah yang menginspirasi bagi para pengusaha. Dia adalah seorang penjual mixer susu kocok keliling yang akhirnya mengubah McDonald’s menjadi waralaba global, menjadikannya perusahaan makanan cepat saji paling sukses di dunia. Ini adalah film biografi yang menceritakan kebangkitan salah satu pengusaha paling berpengaruh di Amerika dan mungkin merek makanan cepat saji yang paling dikenal di dunia. Pada saat yang sama, Anda juga merasakan pendiri awal McDonald’s, McDonald’s bersaudara, yang diperlakukan dengan buruk dan akhirnya dipaksa keluar dari bisnis.

Kesimpulan

Jika kamu membutuhkan inspirasi atau hanya ingin beristirahat dari jadwal kerja yang padat, tonton atau tonton ulang film-film ini. Kamu tidak akan kecewa.

Lihat Juga:

https://carijawaban.id/hiburan/film-superhero-yang-wajib-kamu-tonton/

Tinggalkan Balasan